Pengertian Perubahan Organisasi adalah suatu variasi dari
cara-cara yang telah mapan,yang selama ini berlangsung dalam organisasi dan
dipergunakan serta ditaati oleh anggota organisasi dalam melakukan aktivitasnya
dan berbeda dari apa yang selama ini ada dan telah berlaku dalam organisasi.
Pengertian Pengembangan Organisasi adalah suatu pendekatan sistematik, terpadu
dan terencana untuk meningkatkan efektivitas organisasi serta memecahkan
masalah-masalah (seperti kutrangnya kerja sama/koperasi, desentralisasi yang
berlebihan dan kurang cepatnya komunikasi dan sebagainya) yang merintangi
efisiensi pengoperasian pada semua tingkatan.
Pengembangan organisasi merupakan proses terencana untuk mengembangkan
kemampuan organisasi dalam kondisi dan tuntutan lingkungan yang selalu berubah,
sehingga dapat mencapai kinerja yang optimal yang dilaksanakan oleh seluruh
anggota organisasi. Pengembangan Organisasi merupakan program yang berusaha
meningkatkan efektivitas keorganisasian dengan mengintegrasikan keinginan
individu akan pertumbuhan dan perkembangan dengan tujuan keorganisasian
2. Faktor – Faktor Perubahan
Organisasi
a. Faktor Ekstern,
Beberapa penyebab perubahan organisasi yang termasuk faktor ekstern adalah perkembangan teknologi, faktor ekonomi dan peraturan pemerintah.
b. Faktor Intern
dapat berasal dari berbagai sumber antara lain:
- Problem
hubungan antar anggota
- Problem
dalam proses kerja sama
- Problem
keuangan
3. Proses Perubahan
Yang dimaksud dengan proses perubahan organisasi adalah tata
urutan atau langkah langkah dalam mewujudkan perubahan organisasi. terdiri dari
:
a. Mengadakan
Pengkajian
b. Mengadakan
Identifikasi
c. Menetapkan
Perubahan
d. Menentukan Strategi
e. Melakukan Evaluasi
3. Ciri – Ciri
Pengembangan Organisasi
Pengembangan organisasi yang efektif memiliki ciri-ciri
sebagai berikut :
a. Merupakan
strategi terencana dalam mewujudkan perubahan organisasional.
b. Merupakan kolaborasi
antara berbagai pihak yang akan terkena dampak perubahan yang akan terjadi.
c. Menekankan
cara-cara baru yang diperlukan untuk meningkatkan kinerja seluruh organisasi dan semua satuan kerja dalam organisasi.
d. Mengandung nilai
humanistik dimana pengembangan potensi manusia menjadi bagian terpenting.
e. Menggunakan pendekatan
komitmen sehingga selalu memperhitungkan pentingnya interaksi.
f. Menggunakan
pendekatan ilmiah dalam upaya meningkatkan efektivitas organisasi.
4. Metode
Pengembangan Organisasi
a. Metode
Pengembangan Perilaku
- Jaringan
manajerial
- Latihan
Kepekaan
- Pembentukan
Tim
- Umpan
Balik Survei
b. Metode Pengembangan
Keterampilan dan Sikap
- Latihan
di tempat kerja
- Latihan
instruksi kerja
- Latihan
di luar tempat kerja
- Latihan
di tempat kerja tiruan
sumber :
http://restatimur.blogspot.com/2013/04/perubahan-dan-pengembangan-organisasi.html
http://emilia-regar.blogspot.com/2012/11/resume-perubahan-dan-perkembangan.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar