Arsip Blog

Minggu, 30 Juni 2013

Perubahan dan Pengembangan Organisasi




        Pengertian Perubahan Organisasi adalah suatu variasi dari cara-cara yang telah mapan,yang selama ini berlangsung dalam organisasi dan dipergunakan serta ditaati oleh anggota organisasi dalam melakukan aktivitasnya dan berbeda dari apa yang selama ini ada dan telah berlaku dalam organisasi.
Pengertian Pengembangan Organisasi adalah suatu pendekatan sistematik, terpadu dan terencana untuk meningkatkan efektivitas organisasi serta memecahkan masalah-masalah (seperti kutrangnya kerja sama/koperasi, desentralisasi yang berlebihan dan kurang cepatnya komunikasi dan sebagainya) yang merintangi efisiensi pengoperasian pada semua tingkatan.

            Pengembangan organisasi merupakan proses terencana untuk mengembangkan kemampuan organisasi dalam kondisi dan tuntutan lingkungan yang selalu berubah, sehingga dapat mencapai kinerja yang optimal yang dilaksanakan oleh seluruh anggota organisasi. Pengembangan Organisasi merupakan program yang berusaha meningkatkan efektivitas keorganisasian dengan mengintegrasikan keinginan individu akan pertumbuhan dan perkembangan dengan tujuan keorganisasian

2.       Faktor – Faktor Perubahan Organisasi 


          a.       Faktor Ekstern, Beberapa penyebab perubahan organisasi yang termasuk faktor ekstern adalah                      perkembangan teknologi, faktor ekonomi dan peraturan pemerintah.
          b.      Faktor Intern
                     dapat berasal dari berbagai sumber antara lain:
                       -          Problem hubungan antar anggota
                       -          Problem dalam proses kerja sama
                        -          Problem keuangan  

3.       Proses Perubahan
        
        Yang dimaksud dengan proses perubahan organisasi adalah tata urutan atau langkah langkah dalam                mewujudkan perubahan organisasi. terdiri dari :
         a.       Mengadakan Pengkajian
         b.      Mengadakan Identifikasi
         c.       Menetapkan Perubahan
         d.      Menentukan Strategi
         e.      Melakukan Evaluasi

3.       Ciri – Ciri Pengembangan Organisasi
         
          Pengembangan organisasi yang efektif memiliki ciri-ciri sebagai berikut :
           a.       Merupakan strategi terencana dalam mewujudkan perubahan organisasional.
          b.      Merupakan kolaborasi antara berbagai pihak yang akan terkena dampak perubahan yang akan                        terjadi.
          c.       Menekankan cara-cara baru yang diperlukan untuk meningkatkan kinerja seluruh organisasi                           dan semua satuan kerja dalam organisasi.
          d.      Mengandung nilai humanistik dimana pengembangan potensi manusia menjadi bagian terpenting.
          e.      Menggunakan pendekatan komitmen sehingga selalu memperhitungkan pentingnya interaksi.
          f.        Menggunakan pendekatan ilmiah dalam upaya meningkatkan efektivitas organisasi.

4.        Metode Pengembangan Organisasi
            
          a.       Metode Pengembangan Perilaku
                -          Jaringan manajerial
                -          Latihan Kepekaan
                -          Pembentukan Tim
                -          Umpan Balik Survei
           b.      Metode Pengembangan Keterampilan dan Sikap
                -          Latihan di tempat kerja
                -          Latihan instruksi kerja
                -          Latihan di luar tempat kerja
                -          Latihan di tempat kerja tiruan
   
sumber : 
http://restatimur.blogspot.com/2013/04/perubahan-dan-pengembangan-organisasi.html
http://emilia-regar.blogspot.com/2012/11/resume-perubahan-dan-perkembangan.html


Tidak ada komentar:

Posting Komentar