Arsip Blog

Senin, 20 Mei 2013

Desain dan struktur organisasi


        Organisasi adalah suatu kesatuan sosial dari sekelompok individu (orang), yang saling berinteraksi menurut suatu pola yang terstruktur dengan cara tertentu sehingga setiap anggotaorganisasi mempunyai tugas dan fungsinya masing-masing, dan sebagai suatu kesatuan mempunyai tujuan tertentu, dan juga mempunyai batas-batas yang jelas, sehingga organisasi dapat dipisahkan secara tegas dari lingkungannya.


Pendekatan dalam Teori Organisasi

Pendekatan Klasik oleh Frederick W. Taylor beranggapan bahwa organisasi adalah beban kerja / kapasitas kerja atau dengan kata lain manusia dianggap sebagai mesin.

Pendekatan Neo-Klasik oleh Elton Mayo menekankan aspek hubungan antar manusia dalam organisasi.

Pendekatan Modern oleh Joan Woodward menekankan aspek hubungan antara organisasi dengan lingkungan.


Dimensi Organisasi

Dimensi Struktural (internal organisasi) Formalisasi, Spesialisasi, Standarisasi, Sentralisasi, Hirarki Kekuasaan (otoritas), Kompleksitas, Profesionalisme, Konfigurasi
Dimensi Kontekstual (karakteristik organisasi dan lingkungannya) Ukuran Organisasi (personil), Teknologi Organisasi dan Lingkungan

Teori Organisasi
                Dari pendekatan yang dijelaskan oleh teori Klasik maupun Neo-Klasik belum mampu menjelaskan rumusan yang bisa berlaku secara umum. Pendekatan Modern sendiri menyatakan bahwa pandangan yang selama ini berkembang bukan teori organisasi melainkan cara berpikir (Way of Thinking) mengenai organisasi, yaitu cara meninjau dan menganalisis organisasi secara lebih tepat dan mendalam. Hal ini dilakukan dengan memperhatikan keteraturan sifat organisasi, yang hanya berlaku untuk suatu lingkungan atau situasi tertentu. Ketergantungan inilah yang menunjukkan bahwa apa yang dianggap sebagai Teori Organisasi ternyata belum memenuhi persyaratan untuk dinamakan “teori”.





Beberapa Tingkatan dalam Analisis Organisasi

Tingkat Institusional (Top Management)
Tingkat Manajerial (Middle Management)
Tingkat Operasional (Operational-Level Management)

Pada tingkatan Institusional dan Managerial yang dibahas dalam organisasi modern karena memiliki dampak yang luas terhadap organisasi secara keseluruhan.

2. Departementalisasi

          Pengertian Departementalisasi adalah proses penentuan cara bagaimana kegiatan yang dikelompokkan. Beberapa bentuk departementalisasi sebagai berikut :


Fungsi , Produk atau jasa ,Wilayah ,Langganan ,Proses atau peralatan ,Waktu ,Pelayanan ,Alpa – numeral ,Proyek atau matriks

          Divisionalisasi produk adalah pola logika yang dapat diikuti bila jenis-jenis produk mempunyai teknologi pemrosesan dan metode-metode pemasaran yang sangat berbeda satu dengan yang lain dalam organisasi. Sturktur organisasi divisional atas dasar wilayah. Departementalisasi wilayah , kadang-kadang juga disebut depertementalisasi daerah , regional atau geografis , adalah pengelompokkan kegiatan-kegiatan menurut tempat dimana operasi berlokasi atau dimana satuan-satuan organisasi menjalankan usahanya.



3. Model-model desain organisasi

Model desain organisasi dibedakan menjadi 2, yaitu : 

   1. Model Mekanistis

       Menekankan pentingnya produksi dan efisiensi melalui :
        • Penggunaan Ekstensif aturan dan prosedur
        • Kewenangan terpusat
        • Spesialisasai tenaga kerja yang tinggi

    2. Model Organik

         Menekankan pentingnya produksi dan efisiensi melalui :
         • Penggunaan terbatas aturan dan prosedur
         • Kewenangan terdesentralisasi
         • Derajat spesialisasi yang relatif rendah


    3. Implikasi Manajerial Desain dan Struktur Organisasi

          Dapat menghasilkan struktur atau susunan yang berkualitas didalam suatu organisasi, karena ada teori        yang mengatakan posisi adalah kualitas maka setiap orang yang menempati posisi yang ia kuasai dalam          suatu organisasi akan menghasilkan kontribusi besar dalam suatu organisasi tersebut. itulah alasan                  mengapa diperlukan implikasi manajerial desan dan struktur organisasi


Tidak ada komentar:

Posting Komentar